Entri yang Diunggulkan

Gambar Ukir-ukiran khas batak Toba samosir

Gambar-gambar Ukir-ukiran khas dari tanah sumatera utara, dibuat Di pematang siantar Oleg seorang maestro. Menurut saya beliau maestro.. ...

Senin, 15 Agustus 2016

Manfaatkan dari komunitas, betapa pentingnya komunitas dalam hidup kita

Pentingnya Komunitas


Saya punya inspirasi buat kamu sahabatku, coba baca dan ambil hikmahnya.
Semoga dapat membantu, terimakasih. 

Malam itu, seorang pemuda bersama teman-temannya berkumpul di taman belakang, sedang mengadakan pestabarbeque. Ketika si pemuda sedang membayar ayam, tiba-tiba kobaran api di arangnya membesar. Setelah diperiksa ternyata ia menaruh arang terlalu banyak. Lalu ia mengeluarkan sedikit arang-arang tersebut dan menaruhnya di tanah. Setengah jam kemudian, ayam bakarnya matang. Ia memperhatikan bahwa bara api di arang yang terletak di tanah sudah padam, sedangkan bara api di arang yang digunakan untuk membakar ayam masih menyala. Dari kejadian tersebut ia belajar tentang sebuah pelajaran yaitu:
          Ketika kita masuk atau bergabung dengan sebuah komunitas yang sehata (kumpulan arang), sudah dapat dipastikan semua sifat dan karakter yang baik dalam komunitas tersebut akan tertransfer dalam hidup kita. Bila komunitas tersebut adalah kumpulan orang-orang yang on fire, kita pun akan kecipratan “roh” tersebut. Ilustrasinya adalah ketika seseorang berada dekat belerang atau batu bara, lama-kelamaan ia pasti akan merasakan panasnya juga. Demikianlah dengan sebuah komunitas. Anda tertarik memiliki gaya hidup dan cara pandang yang sehat, cari dan bergabunglah dengan kumpulan orang-orang yang bisa memberikan hal tersebut kepada Anda. Pengaruh komunitas terhadap hidup kita begitu besar. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan orang yang senang mengikuti sebuah perkumpulan, entah kelompok kerja sosial, komunitas pecinta alam, perkumpulan kaum bisnis, dan sebagainya, cenderung berumur panjang. Di dalam sebuah komunitas kita bertemu dengan berbagai jenis orang, kita pun mempunyai kesempatan besar untuk berteman dengan mereka. Semua orang tahu bahwa ketika hidup kita dikelilingi orang-orang yang mengasihi kita, hidup pun akan terasa lebih hidup dan menyenangkan, karena kita dapat saling berbagi danmenopang. Itulah yang menyebabkan mengapa mereka yang bergabung dengan sebuah perkumpulan bisa mempunyai usia yang lebih panjang daripada mereka yang cenderung hidup menyendiri. Sahabat, untuk membangun gambar diri yang sehat kita perlu bergaul dengan orang-orang yang dapat memberi senyuman tulus, jabat tangan yang erat, dan pujian. Percayalah tanpa komunitas yang mendukungnya. Kita semua selalu membutuhkan orang lain. Kita memerlukan “sentuhan-sentuhan jiwa” seperti perhatian, dukungan, pujian yang tulus, semangat, doa, kata-kata motivasi, dan seterusnya. Dan, semuanya itu kita dapat, bila kita mau membuka diri untuk mau menjadi bagian dari sebuah komunitas yang sehat. Anda setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar